Rabu, 16 Maret 2011

Jaringan ISP

Jaringan Internet

Sistem jaringan internet lewat televisi kabel dilakukan dengan cara menyambungkan televisi dengan kabel, disebut juga dengan internet kabel. Sistem jaringan internet tersebut masih berkembang di kota-kota besar. Anda juga bisa menghubungkan sistem jaringan internet lewat telepon rumah atau hand phone. Akses internet dengan menggunakan telepon disebut koneksi dial-up.

Ada 4 aktivitas penting yang dapat ditangani oleh sistem jaringan internet:

1. Sistem pembelajaran jarak jauh atau e-learning. Cara ini mampu mengakses dunia jarak jauh, misalnya sekolah jarak jauh.
2. Sistem telepon dengan biaya murah.
3. Pencarian lowongan kerja di mana-mana.
4. Transfer uang untuk akan kuliah, dan lain-lain.

Pada prinsipnya sistem jaringan internet dilakukan melalu ISP (Internet Service Provider), sebuah perusahaan yang melayani koneksi internet. Contoh ISP di Indonesia: INDO.NET, IndosatNET, serta Wasantara Net.

Mengenal Alamat IP

Internet merupakan jaringan maha raksasa di dunia ini yang semakin hari semakin berkembang pesat, berikut manfaat-manfaatnya. Mungkin di hari nanti semua transaksi hanya dilakukan lewat internet, seperti beli buku, beli sabun, beli baju, beli mobil, dan semuanya yang manusia butuhkan.

Internet Protocol (IP) bersifat sangat unik. Memecahkan masalah dengan memberitakan alamat IP untuk mendapatkan identifikasi informasi yang menjadi sangat mudah. IP sebagai protocol yang terpenting memiliki nama domain yang mahal. Contoh nama domain, yaitu com, co. id, ac.id, net, dan sebagainya.

Web Portal

Web portal atau portal adalah suatu situs Web yang memiliki fitur seperti direktori, mesin pencari, e-mail, atau grup diskusi.

FTP

Singkatan dari File Transfer Protocol merupakan suatu protocol untuk melakukan transfer berkas. Contohnya: Klien dapat mengirim berkas ke server FTP atau mengambil berkas dari server FTP.

Membangun Halaman Web

Aplikasi Web sangat mendominasi dalam dunia internet. HTML dibuat dengan menggunakan perangkat lunak pembangkit kode-kode HTML. Biasanya landasan aplikasi ini adalah HTML. Para pemakai Microsoft Windows memakai Microsoft Font Page untuk membuat halaman-halaman Web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.